KOMUNITAS BACA RESIST BOOK

  • Jenis : Komunitas
  • Nama : Komunitas Baca Resist Book
  • Berdiri : -
  • Jumlah Anggota: 1095 ( s/d 1 April 2008 )
  • Alamat URL: http://www.resistbook.or.id
  • Alamat Sekretariat : Jl. Magelang km 5 Gang Bima No. 39 Kutu Dukuh Sleman Yogyakarta 55284 Telp./Faks. +62-274-580439,?SMS 7422761
  • Kegiatan :

Peluncuran Hands off Venezuela (HOV) Indonesia dan Pemutaran Film No Volverian, Jakarta, 28 Maret 2008

Peluncuran HOV Indonesia dan Pemutaran Film, Jakarta, 28 Maret 2008
Resistbook di Pameran Buku Beberapa Kota, Surabaya, Magelang, Pekalongan, Yogyakarta, 15 Maret 2008
Resistbook di Pameran Buku Maret-April 2008, Beberapa Kota, 15 Maret 2008
Talkshow di Radio ELTIRA Yogya, Yogyakarta, 10 Maret 2008
Resistbook Hadir di Semarang, Semarang, 28 Februari 2008
Diskon Besar Paket Buku Resist, Yogyakarta, 02 Januari 2008
Cek Diskon Besar Paket Buku Resist!, Yogyakarta, 02 Januari 2008
Agenda Resist Agustus-September 2007, Yogyakarta, 04 Agustus 2007
Cek Agenda Resist Agustus-September 2007!, Yogyakarta, 04 Agustus 2007
Pesta Buku Gresik dan Kediri, Gresik dan Kediri, 07 Juni 2007
Pameran Tiga Kota, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, 07 Juni 2007
Salatiga dan Wonosobo, , 07 Juni 2007
Pesta Buku Malang, Malang, 07 Juni 2007

  • Tempat Kumpul :

Kedai buku Resist Yogya

  • Jenis Keanggotaan : -

Jika kamu benar-benar tertarik untuk bergabung di sini, silahkan menghubungi Contact Person.

  • Contact Person:

Phone : +62-274-580439, SMS 7422761 YM :

  • Sejarah Singkat :

Komunitas Baca Resist Book adalah komunitas bagi pembaca dan pemerhati Resist Book dan wacana yang diusungnya. Kegiatan utama bagi Komunitas Baca Resist Book saat ini adalah bedah buku dan diskusi yang digelar bersama mitra-mitra Resist Book.

Resist Book adalah lambang perlawanan sebuah perlawanan yang pantangsurut. Dimotori kaum muda, penerbitan ini mengancang pengembangan wacana kritis dan gagasan perlawanan progresif.

Resist Book berorientasi pada teks-teks yang membangkitkan kepedulian, simpati, dan keberpihakan pada mereka yang menjadi korban.

Resist Book hendak mendorong sebuah tradisi intelektual yang berorientasi pada praksis gerakan.

Kami adalah sekumpulan anak muda yang memutar roda penerbitan dengan slogan: Baca & Lawan


Terbitan :

1.Jurnal

(Mohon maaf, bagian ini belum menyajikan informasi yang Anda harapkan. Hingga saat ini Resist Book belum menerbitkan satu jurnal, meskipun hal ini merupakan cita-cita jangka panjang kami.)

2.Buku

Seri Gerakan Sosial : Seri ini merupakan himpunan karya yang didedikasikan bagi gerakan-gerakan sosial. Seri ini hendak menyingkap selubung persoalan yang bersangkut-paut dengan globalisasi dan kebijakan neoliberalisme. Karya-karya dalam seri ini akan memadukan pendekatan teoretis berdampingan dengan temuan-temuan kontemporer.

Seri Melawan Globalisasi : Seri ini menggiatkan pelbagai kritik, analisis, dan studi akademis atas globalisasi berserta akibat buruknya. Dalam seri ini juga didorong munculnya paradigma tandingan terhadap globalisasi sebagai diskursus. Seri ini mengembangkan pengertian bagaimana globalisasi harus dihadapi.

Seri Dilarang Miskin : Seri ini mengisahkan kaum miskin yang makin kehilangan hak-haknya. Hak-hak mereka dirampas pembangunan yang tunduk pada pasar. Kian hari jumlah orang miskin bertambah, sedang kekuasaan makin menjauh dari mereka.

Seri Revolusi : Seri ini menghimpun gagasan, konsep, bahkan celetuk-an bagaimana revolusi menjadi pilihan yang mungkin bagi perubahan sosial. Revolusi bukanlah wacana yang stagnan apalagi final, ia memerlukan pengayaan ide, penafsiran ulang, dan eksplorasi kritik.

Seri Anti Militerisme : Seri ini didedikasikan untuk mereka yang hingga hari ini menjadi korban militerisme. Militerisme mengabaikan nilai-nilai keadilan dan kemanusian, karena menempatkan pendekatan keamanan sebagai kebijakan utama dalam menyelesaikan semua masalah. Seri ini berisi rekaman suara-suara korban, analisis akademisi, maupun pengamatan lapangan para aktivis yang teguh dalam barisan anti militerisme.

Seri Penggagas Muda : Seri ini dipersembahkan untuk kaum muda yang bersemangat atas pikiran kritis dan berpengalaman di praksis gerakan. Sebuah dukungan bagi tumbuhnya etos intelektual pada kelompok-kelompok kaum muda yang berani berpikir beda dan gandrung akan pikiran-pikiran alternatif.

Seri Pendidikan Kritis : Seri ini merupakan ruang yang dibuka sebagai bentuk perhatian atas carut-marutnya dunia pendidikan. Dalam seri ini, dielaborasi pelbagai kajian kritis atas roda pendidikan di negeri ini yang jalannya tak pernah benar. Karya-karya di sini ingin mengajak pembaca agar tak bosan-bosannya untuk peka dan peduli pada masalah-masalah pendidikan.

Seri Ideologi : Seri ini membuka ruang pemahaman yang lebih kritis atas ideologi-ideologi dunia, baik karena kelaliman kuasa yang diciptakannya maupun kekuatan perubahan yang didemonstrasikannya. Dalam seri ini, pikiran tokoh-tokoh besar, suara kelompok dominan, dan seruan dogmatis yang mewakili "reputasi sejarah" ideologi-ideologi itu, akan dipahami ulang, dianalisis, sekaligus dibongkar dengan seksama.

Seri Komik : Seri komik mengungkapkan isu-isu pelik sekaligus mendalam yang beredar di sekitar kita, dengan cara yang sederhana. Masalah-masalah ruwet seputar kemiskinan, pendidikan, penindasan, dan militerisme akan disampaikan dalam permainan kata-kata dan gambar. Begitu juga pikiran dan sejarah tokoh-tokoh besar diperkenalkan dengan cara yang mudah dipahami, tanpa kehilangan inti gagasan dan semangat yang dibawanya.

Seri Anti Gaya Hidup : Seri ini bertujuan untuk menerbitkan kecurigaan dan kesangsian atas gaya hidup. Dengan ketundukan pada ekonomi pasar tampaknya di sekeliling kita kini mulai berkembang budaya keji: memeras pendapatan hingga Anda tak mencurigainya. Di balik itu nulai meroket kekayaan para pebisnis gaya hidup dalam jumlah yang menakjubkan. Anda adalah konsumen sekaligus budak yang mau berhamba dan merelakan diri untuk jadi tertindas! Waktunya Anda tahu bagaimana siklus pemerasan dan penindasan ini berjalan.

3. Red Rebels

Red Rebels; kaos yang mengemban peran perlawanan dengan memobilisasi slogan dan kata-kata pilihan. Dengan Red Rebels, Anda dapat menyebarluaskan pesan secara lantang kapan saja.

Tak ada perubahan sosial tanpa transformasi wacana. Tak ada transformasi wacana tanpa Resist Book. Resist Book mengawal transformasi wacana Anda.

( source : http://www.resistbook.or.id )

0 komentar